Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan

Di dalam organisasi pemerintahan, para pengamat sering sekali mengutarakan bahwa di dalam organisasi pemerintahan yang baik di dalamnya juga akan terbina calon-calon pemimpin yang baik. Oleh karena itu, membangun institusi pemerintahan yang baik, yang bertata kelola yang baik, berbudaya yang baik dan unggul sangatlah penting menjadi program pemerintah yang berkesinambungan. Sebaiknya institusi pemerintahan tidak mudah untuk di bongkar pasang secara “terlalu sering” dan terlalu cepat sebelum dilakukan penguatan kelembagaan atau pembangunan institusional yang terprogram.

“Mental pengusaha itu apa yang tidak ada yang menjual, kita harus bisa mengadakan. Saat diberi kesempatan bertemu dengan almarhum Bob Sadino, beliau mengatakan bahwa yang dicari seorang pengusaha bukan untungnya, tapi rugi. Ini artinya, jika para pengusaha hanya mencari untungnya saja, pasti akan malas untuk melanjutkan. Berbeda dengan mencari rugi, yang mentalnya jauh lebih kuat jika mengalami kebangkrutan,” ujar pemain movie Ketika Cinta Bertasbih tersebut. Pikiran positif dapat membantu Anda untuk memandang segala sesuatu dari sisi positifnya.

Saat point 1 – 6 telah Anda siapkan, maka Anda nyaris siap untuk meluncurkan usaha Anda ke pasaran. Saat pertama kali usaha diluncurkan, seringkali usaha tidak sesuai dengan harapan. Hal ini sangat lumrah karena usaha Anda belum diketahui oleh banyak orang atau konsumen belum sepenuhnya mempercayai usaha Anda. Justru dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki, mereka mengerti apa-apa saja yang perlu mereka kembangkan dan pelajari.

Pada hakikatnya, harta yang kita sedekahkan itu akan kembali pada diri kita bahkan berkali lipat lebih banyak dan tentu akan menjadikan harta dari hasil bisnis kita berkah dan berkembang biak. Sebaliknya, orang yang enggan bersedekah dan menganggap sedekah adalah suatu hal yang bisa menyebabkan kebangkrutan maka siap-siap kebangkrutan menghampiri dirinya. Khadijah merupakan sesosok wanita kalangan Quraisy yang sangat disegani. Ayahnya merupakan pengusaha yang terkenal dengan kemuliaan akhlaknya.

mentalitas yang bisa di buat untuk usaha bisnis yang sukses

Dunia bisnis mengutamakan prestasi lebih dulu, baru kemudian prestise, bukan sebaliknya. Prinsip kerja keras dalam kewirausahaan merupakan langkah nyata yang harus dilakukan agar dapat menghasilkan kesuksesan, tetapi harus melalui proses yang penuh dengan tantangan atau risiko. Buat skenario di dalam kepala tentang bagaimana hal-hal tersebut bisa mendukung bisnis.

Jika kita ingin terjun ke dunia bisnis, harus cerdas dalam membagi waktu untuk pribadi, keluarga, dan sosial. Sudah banyak bukti di luar sana yang menunjukkan bahwa orang yang sombong dan cepat berpuas diri akhirnya jatuh dalam jurang keterpurukan. Al Dunlap sempat sudah merasa tinggi karena mampu duduk sebagai CEO Scott Paper, sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk berbahan kertas yang telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun.

Untuk bisa kejar mimpi dan bisa menjadi orang sukses, kamu akan terbentur dengan tekanan dan rasa stres sehingga kamu membutuhkan mental yang kuat untuk bisa maju terus dan pantang mundur. Mental yang lemah hanya akan menghalangi kamu untuk berpikir positif dan kamu akan terjebak dengan pola pikir yang mengkerdilkan diri kamu sendiri. Jika kamu sudah memiliki ide dan waktu yang tepat untuk berbisnis tapi terkendala tempat, coba untuk memulai bisnis online. Ini merupakan salah satu cara memulai bisnis yang sederhana dengan modal usaha yang minim. Apalagi dengan dukungan teknologi dan internet, kamu bisa mempromosikan usahamu tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih.

Hal penting yang seringkali pula terlupakan dalam setiap pembahasan mengenai UKM, yaitu semangat entrepreneurship para pengusaha UKM itu sendiri. Semangat yang dimaksud disini, antara lain kesediaan terus berinovasi, ulet tanpa menyerah, mau berkorban serta semangat ingin mengambil risiko. Suasana pedesaan yang menjadi latar belakang dari UKM seringkali memiliki andil juga dalam membentuk kinerja. Sebagai contoh, ritme kerja UKM di daerah berjalan dengan santai dan kurang aktif sehingga seringkali menjadi penyebab hilangnya kesempatan-kesempatan yang ada. Apa tujuan kita memahami alur kisah mereka mencapai kesuksesan?

Leave a Reply