Strategi Bisnis Kuliner Agar Tetap Bertahan Di Tengah Pandemi

Strategi Bisnis Kuliner Agar Tetap Bertahan Di Tengah Pandemi

Belum genap 1,5 bulan, pelaku usaha sudah dibuat porak poranda, pemasukan menipis, produksi terganggu, tapi beban pengeluaran tetap yang membuat dunia usaha di ambang kebangkrutan massal. Hal ini harus jadi perhatian pemerintah, khususnya Presiden Jokowi. Mungkin Anda menawarkan produk layanan yang tidak lagi menjadi tren. Bisnis yang sukses selalu menawarkan nilai dan minat yang sedang tren pada pelangan yang sudah ada dan pelanggan potensial. Lakukan survey pada pelanggan dan cari tahu apa yang jadi minat mereka dan ikuti dengan perubahan sesuai tren dengan menggunakan manajemen relasi pelanggan. Sangat penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan bisnis Anda, tidak hanya biaya memulainya, tapi biaya untuk tetap bertahan dalam bisnis ini.

Usaha yang bisa dibuat untuk mencegah kebangkrutan

Koreksilah secara objektif dengan para karyawan, bagian mana yang menyebabkan bisnis tidak berkembang, dan carilah cara untuk memulihkan kondisinya. Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis pasti mengalami perputaran. Kadang bisnis berada dalam masa keuntungan dan terkadang juga harus rela kenyataan merugi. Ketika bisnis dalam masa kerugian, tetaplah semangat dan jangan lengah karena merasa terpuruk. Untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah untuk menjaga usaha Anda dari kolaps saat tanda-tanda kebangkrutan muncul, Anda harus mulai mensurvei kemungkinan dan prosedur untuk mendapatkan bantuan dana dari daerah.

Sebelum melakukan invovasi, perlu adanya analysis and growth agar bisnis Anda dapat berkembang dan bisa melakukan ekspansi. Hal ini dapat mengevaluasi apa saja yang perlu ditambahkan dalam bisnis Anda, dan apakah diperlukan peningkatan dari segi kualitas dan kuantitas dalam produksi. Namun sebelum ke tahap tersebut perlu adanya dana untuk melakukan research and growth tersebut. Silakan sisihkan pendapatan bulanan bisnis Anda lalu masukkan ke dalam pos biaya research and growth. Meminjam uang adalah salah satu solusi sementara untuk mencegah kebangkrutan. Uang yang dipinjam bisa digunakan untuk bertahan hidup atau membuka usaha.

Sebab, jika tidak diperhatikan ini akan membuat usaha kamu bisa bangkrut. Selain melangsungkan kegiatan operasional, pencatatan keuangan dan juga inventori pun sangat krusial. Bagi kamu yang sedang merencanakan untuk terjun ke dunia ini, wajib mengetahui apa saja 9 faktor tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa fasilitas yang disediakan oleh sebuah kos memiliki pengaruh besar terhadap harga sewa. Anda bisa menambah fasilitas, seperti AC, bathe (hot & cold), water heater, kulkas, atau balkon sebagai cara menaikkan harga sewa agar tetap stabil. Meskipun sektor pariwisata menurun selama pandemi, namun angkanya tidak terlalu signifikan. Kos eksklusif bisa tetap eksis karena tertutup konsumen yang mengambil hunian bulanan dan long run, di mana sebagian besar penghuninya berasal dari luar kota. Kos eksklusif masih menarik perhatian pihak-pihak yang melakukan perjalanan bisnis atau dinas, terutama karena harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan hotel.

Leave a Reply