Mengenal Apdei, Wadah Komunikasi Platform Digital Ekspor Indonesia

Mengenal Apdei, Wadah Komunikasi Platform Digital Ekspor Indonesia

Didi menuturkan, pasar ekspor Vietnam merupakan negara tujuan ekspor baru untuk ikan tuna sirip kuning dan pasar tersebut diperoleh melalui platform niaga elektronik madeinindonesia.com. Sebelumnya, Indonesia tidak mengekspor ikan tuna sirip kuning Indonesia kecuali pada 2019. “Sudah saatnya seluruh UKM Indonesia yang berorientasi ekspor mengoptimalkan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan kinerja ekspornya. Percepatan penggunaan teknologi telah terbukti menjadi salah satu alat yang efektif dan efisien untuk mempromosikan produk ekspor, termasuk sisi penyediaan information dan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis,” ujar Mendag Lutfi.

Platform Ekspor

Kamu pasti juga sudah tidak asing dengan e-Commerce raksasa selanjutnya yaitu Amazon. Selain Alibaba, Amazon juga terkenal sebagai pasar ekspor untuk brand lokal Indonesia. Untuk menjual produk di Amazon, terdapat 2 pilihan yang bisa kamu pilih, antara “Individual Sellers” atau “Professional Sellers.”

SIPPO membantu BSO agar bisa memberiakan pelayanan yang mumpuni bagi anggota atau klien nya untuk analisa pasar, acara temu dagang dan pengembangan jejaring bisnis. Dengan cara ini, fasilitasi dan bantuan SIPPO dapat secara bersamaan membantu program kerja BSO dalam kegiatan promosi ekspor selain itu SIPPO juga membantu BSO untuk terhubung dengan tim ahli di bidang promosi ekspor. Website sangat dibutuhkan oleh sahabat UKM untuk dapat menarik calon pembeli/importir di seluruh dunia. Dengan adanya web site, calon pembeli/importir dapat menemukan produk ekspor kita melalui pencarian google, tanpa adanya pertemuan di suatu pameran dagang. Lalu, dengan adanya informasi profil perusahaan di web site, jelas dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli/importir yang berminat dengan produk kita. Memontum Jakarta – Indonesia berupaya untuk terus mempererat hubungan dagang dengan Singapura.

Belum lagi ditambah isu pembatasan perjalanan dan mobilitas pekerja yang mempengaruhi sektor pariwisata dan transportasi di Indonesia. Akibat virus corona, produksi, distribusi, dan rantai pasok juga terganggu serta mempengaruhi kinerja sektor industri manufaktur. Hal ini semakin diperburuk dengan jatuhnya harga minyak dunia akibat pelemahan permintaan dan perang harga minyak antara Arab Saudi dan Rusia yang menambah kekhawatiran di berbagai kalangan. “Dengan dilakukannya pelepasan ekspor ini, diharapkan dapat memacu pelaku UKM lainnya untuk lebih bersemangat dalam memasarkan produknya ke pasar internasional,” katanya. Dalam sambutannya, Direktur Madeinindonesia.com Kemal Panigoro mengatakan platform B2B ecommerce ini akan selalu siap membantu kegiatan ekspor dari Indonesia, baik bagi eksportir pemula maupun yang sudah berpengalaman. “Dengan dilakukannya pelepasan ekspor ini, diharapkan dapat memacu pelaku usaha/IKM lainnya untuk lebih semangat dalam memasarkan produknya ke pasar internasional,” ungkap Didi.

Umumnya mereka menggunakan cara konvensional, sementara peluang ekspor lewat platform digital bisa dimanfaatkan. Angka tersebut menunjukkan peningkatan baik dari sisi nilai sebesar 5,5% maupun volume sebesar 6,6%, dibandingkan tahun 2019. Peserta di hari pertama adalah pelaku usaha yang belum pernah menyentuh teknologi digital untuk menjangkau pasar ekspor. “Kementerian Perdagangan mengapresiasi peluncuran awal platform digital yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri.

Indonesia merupakan salah satu negara penangkap ikan terbesar di dunia dan telah puluhan tahun menjadi negara dengan budidaya rumput laut terbesar. Petani dan pengusaha rumput laut Indonesia memiliki keahlian unik dalam mengolah rumput laut yang kemudian diproses menjadi produk bernilai tambah dari hidrokoloid, seperti karaginan dan agar-agar. Kementerian perdagangan dan Asosiasi Kayu Ringan Indonesia yang di fasilitasi oleh program SIPPO untuk mengembangan dan meningkatkan pelayanan pengembangan pasar kayu ringan bagi produsen hasil kayu olahan.

Dan yang ketiga, memperkuat program 20 warung atau UKM Kuliner di setiap desa atau kelurahan di seluruh Indonesia. Dia menyatakan transformasi digital UMKM yang dilakukan pemerintah memakai dua pendekatan. Pertama, mendorong UMKM Go-Digital melalui literasi, peningkatan kapasitas dan kualitas usaha. Marolop berharap, pelaku UKM Indonesia memiliki keinginan yang kuat untuk dapat menembus pasar ekspor.

Shipper akan membantu perusahaan untuk menyediakan layanan success untuk menyediakan layanan jasa digital end to finish untuk melakukan ekspor dari Indonesia. Pada 2020, kontribusi ekonomi digital Indonesia mencapai Rp632 triliun atau hanya 4 persen dari produk domestik bruto . Namun, pada 2030 nilai ini diperkirakan akan tumbuh delapan kali lipat menjadi Rp4,fifty three triliun atau 18 persen,” pungkas Marolop. Menurut Didi, niaga-el merupakan salah satu metode untuk menembus pasar internasional dengan cara yang lebih efisien, dimana produk yang ditawarkan dapat diakses langsung oleh ribuan bahkan jutaan orang di dunia. “Hal ini harus kita manfaatkan dengan mengambil kesempatan yang ada dan bersaing dalam kancah internasional,” tegas Didi.

Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan ekspor Indonesia, mereka sepakat mendirikan sebuah wadah komunikasi bersama yaitu Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia . Dari kunjungan tersebut, kedua provinsi sepakat untuk segera membuat memorandum of understanding dengan Madeinindonesia.com mengenai upaya peningkatan ekspor hasil rakyat terutama dalam bidang perikanan dan pertanian. Sebagai langkah awal, penjajakan kerjasama dengan Pemprov Sulteng dan Sulsel, menawarkan beberapa fasilitas untuk membantu pelaku usaha di kedua provinsi tersebut dalam mengembangkan bisnis dan membuka pasar mancanegara. “Kami mendukung platform digital ekspor berjalan membesar dan menjadi urat nadi ekspor Indonesia,” katanya.

Leave a Reply