Memulai Bisnis

Memulai Bisnis

Bagi sebagian orang, kegagalan bisa jadi sebagai pertanda untuk berhenti berusaha. Namun bagi orang-orang sukses, kegagalan berarti kesempatan untuk mencoba hal baru yang berfungsi untuk memperbaiki hal lama. Dengan membuat sebuah perencanaan, Sobat dapat menentukan bagaimana proses yang harus dilewati untuk menjadi goal yang telah ditetapkan. Tidak hanya itu, perencanaan juga dapat dipakai sebagai alat pengendalian kegiatan operasional perusahaan. Di kasus lain, ketika awal berutang, pengusaha pemula bisa jadi berhasil menyukseskan usahanya. Ia pun menambah jumlah utang yang lain untuk membesarkan bisnis tersebut.

Persiapan selanjutnya agar Anda berhasil memulai usaha baru yaitu kuasai bidangnya. Siapkan pikiran Anda untuk mengatur semua kegiatan bisnis tersebut. Biasakan untuk cermat dan hemat dalam penggunaan uang dalam usaha Anda tersebut. Keteledoran seseorang dalam hal keuangan, akan perlahan menjatuhkan usaha yang akan dibangunnya. Begitu bangun dari tidur, seorang entrepreneur sukses sudah harus merencanakan, membangun strategi, menemukan solusi dari permasalahan yang ada.

Kamu harus menguasai terlebih dahulu ide bisnis kamu agar mencapai target pasar yang sesuai dengan keinginanmu. Menjadi pebisnis pada jaman ini, khususnya waktu masa pandemic ini tentu mempunyai banyak rintangan karena banyaknya competitor yang juga mau berbisnis seperti kamu!. Perlu diingat bahwa salah satu kunci utama agar bisnis kamu bisa berjalan lancar yaitu kamu harus bisa menghasilkan barang atau jasa yang dapat menyelesaikan suatu masalah disekeliling kamu. Yup, bisa berupa jasa, maupun membuat barang-barang yang mungkin belum diinovasikan atau bahkan belum pernah dibuat sebelumnya. Contohnya seperti inovasi dari croissant dan waffle yang baru-baru ini sedang marak diperjualkan di media social.

Sebelum meraih sukses, seorang pengusaha pasti pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Namun, kegagalan tersebut tidak menjadi halangan bagi mereka, justru mereka jadikan kegagalan sebagai pembelajaran berharga. Ketika Anda menjalankan bisnis, hal pertama yang harus Anda fokuskan adalah sistem dalam bisnis itu sendiri. Dengan memiliki sistem bisnis yang baik, perjalanan bisnis akan lebih mudah dan minim dari masalah.

Jika dengan karyawan serta konsumen Anda berhasil membangun ikatan yang positif, maka perjalanan bisnis Anda akan makin mudah. Memilih jenis waralaba dengan modal lebih ekonomis juga bukan jaminan usaha tersebut kurang berkualitas. Asalkan mentalitas wirausaha Anda benar-benar ulet, bisnis sekecil apa pun yang dirintis tersebut akan tetap bisa menghasilkan keuntungan. Mereka harus dibina memiliki program yang namanya Tempat Praktek Keterampilan Usaha . “Karena itu, lembaga pendidikan perlu diberikan stimulan dan motivasi untuk membina mental wirausaha pada generasi milenial,” ujarnya.

Namun, jika rasa takut untuk mengambil risiko menjadi penghalang Anda untuk menjalankan usaha, maka ubah menjadi rasa ingin tahu untuk mengeksplorasi berbagai hal. Manusia yang bersikap psychological pengusaha memiliki sifat kejujuran dan tanggung jawab. Kejujuran dan tanggung jawab merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan tanggung jawab dan kejujuran akan mendapat kepercayaan dari pihak lain, baik itu konsumen, rekan kerja, maupun investor.

Mentoring atau proses berbagi pengalaman dan pengetahuan dari para ahli dan orang-orang yang berpengalaman pada bidang-bidang yang penting untuk pengembangan usaha sosial Anda. Inti dari mentoring adalah meminta seseorang membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan Anda baik seputar bisnis maupun pribadi. Sesi pertemuan atau interaksi pada mentoring dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda, dukungan mentoring bisa melalui tatap muka, email maupun telepon. Mentor tidak hanya menyediakan waktu, namun juga akan memperhatikan perkembangan Anda sesuai dengan materi mentoring atau tujuan yang ingin Anda raih dalam aktivitas mentoring.

mentalitas yang bisa di buat untuk usaha bisnis yang sukses

Selain itu, Anda juga harus terus mau belajar mengikuti perubahan yang terjadi. Misalnya jika dulu pemasaran cukup dengan cara offline saja, maka kini Anda harus mau mempromosikan bisnis Anda secara online juga. Misalnya dengan mempunyai halaman bisnis di Instagram dan Facebook, menerima pesanan lewat WhatsApp, dan sering melakukan promo dan broadcast di media sosial. Setelah melakukan survey lokasi usaha di point #3, Anda perlu menemukan tempat yang strategis dan cukup ramai dilalui orang sesuai dengan target market Anda. Misalnya target market Anda adalah pelajar atau mahasiswa, maka lokasi terbaik adalah yang dekat sekolah atau kampus.

Dan sikap ingin sesuatu yang instan ini efek sampingnya gampang menyerah. Instan kaya, terkenal, sebenarnya itu merupakan sebuah penyakit mental yang perlu kita kasihani. Setidaknya kita mulai mencegah penyakit instan/viral ini dari keluarga terdekat kita. Sebab efek serba instan ini mempunyai efek yang mengerikan bila tidak terpenuhi seperti depresi dan bunuh diri usia muda yang semakin meningkat setiap tahunnya. Itulah sisi yang kelam dari kebiasaan main hape yang acap tidak disadari. Kebiasaan scroll-scroll layar hape demi menikmati immediate reward, makin menumbuhkan mentalitas instan dalam diri kita.

Berbagai kebijakan pemerintah banyak dikeluarkan untuk mengatasi dampak negatif Covid-19 terutama untuk masyarakat yang benar-benar terdampak. Berbagai program pemulihan ekonomi nasional dalam bentuk bantuan usaha produktif dan bantuan sosial lainnya dengan harapan membuat produktif kembali masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Dalam kondisi seperti ini, kepemimpin an menjadi hal yang sangat penting bahkan menentukan pencapaian tujuan organisa si,mengarahkan dan mengatur orang-orang untuk mencapai tujuan itu secara bersama-sama. Dalam kaitan ini, maka kompetensi kepemimpinan sesuai dengan jenjang struktur birokrasi,yaitu kepemimpinan visioner, kepemimpinan strategis,kepe mimpinan taktikal dan kepemimpinan operasional sangat diperlukan. Jika ingin tetap bertahan pada suatu bisnis maka wajib hukumnya untuk selalu memantau perkembangan pasar.

Leave a Reply