Ekspor Terhambat Sertifikasi Di Negara Tujuan? Ini Saran Kemendag

Ekspor Terhambat Sertifikasi Di Negara Tujuan? Ini Saran Kemendag

Sertifikasi mandiri tersebut akan berlaku wajib pada 1 Juli 2020 mendatang dengan masa transisi implementasi selama enam bulan. Sertifikasi mandiri bertujuan mempermudah ekspor Indonesia dalam skema GSP ke Uni Eropa dengan sistem REX. Dengan sertifikasi mandiri, para eksportir Indonesia dapat mudah melakukan deklarasi asal barang melalui sistem penerbitan Surat Keterangan Asal secara elektronik atau Suka Indonesia. Namun dalam masa transisi saat ini, eksportir dapat memilihmenggunakan SKA form A tujuan Uni Eropa. Demi mewujudkan tujuan bisnis mereka, baik Syahnaz maupun Nuning pun mengurus berbagai sertifikasi yang diperlukan agar bisa memenuhi persyaratan yang diberikan negara tujuan ekspor.

Kepala Prodi Manajemen STIM YKPN Muhammad Roni Indarto mengatakan, persaingan dunia kerja begitu ketat dari tahun ke tahun. Sehingga pihaknya pun mempersiapkan para lulusan yang tangguh untuk dapat memenangkan persaingan di dunia kerja. Hingga saat ini terdapat 210 industri yang mengantongi sertifikasi verifikasi legalitas kayu.

“Itu sertifikat hanya untuk mempersulit ekspor saja, bukan berkaitan dengan kualitas dan lain sebagainya,” katanya, Rabu, 17 Februari 2021. “Peningkatan ekspor di Sumbar dapat terwujud berkat kerjasama Karantina Pertanian Padang dengan berbagai pihak, terutama pemerintah daerah Sumbar yang sangat mendukung pertanian,” ujar Bambang. Traceability adalah kemampuan untuk menelusuri riwayat, aplikasi atau lokasi dari suatu produk atau kegiatan untuk mendapatkan kembali knowledge dan informasi melalui suatu identifikasi terhadap dokumen yang terkait. Paling cepat 1 hari dan paling lama 14 hari tergantung kepada komoditas ikan dan metode pengujian yang akan lakukan.

Donni mengatakan, sebelumnya, pihak Stevia Farm Korea memutuskan Sulawesi Utara sebagai daerah yang paling tepat untuk pengembangan tanaman berdaun manis tersebut dan akhirnya sukses dibudidayakan di lahan milik warga setempat. Mencetak Global Enterpreneur atau wirausaha berbasis digital dengan membimbing siswa selama tiga bulan berturut-turut untuk melalukan e-commerce enterpreneur dengan pendidikan sertifikasi. Lalu ekspor ke Malaysia yang sudah mencapai 15.883,forty nine ton dibanding 13.008,sixty five ton dan Taiwan sebesar 7.823,77 ton dibanding 7.173,04 ton. “Tiga kali lipat, ini arahan Pak Menteri. Tidak ada kabupaten yang tidak bisa ekspor, ini yang akan dikawal dari seluruh sub sektor baik hortikultura, perkebunan, tanaman pangan, peternakan dan sarana prasarana,” kata Jamil. “Saya mau lihat ekspor yang digerakkan Barantan bisa mencapai nilai diatas Rp500 triliun. Makanya Integritas dan Team Worknya harus kuat, harus transparan dan inovatif. Yang pasti polanya harus cermat, harus cepat dan harus akurat,” ujar Syahrul.

Sertifikasi Ekspor

“ REX GSP dikeluarkan Uni Eropa sebagai bentuk fasilitasi para ER tujuan Uni Eropa untuk dapat melakukan DAB secara mandiri. REX GSP yang dikeluarkan UE pada 2018 lalu pada dasarnya merupakan basis information eksportir dengan Kementerian Perdagangan selaku otoritas Indonesia yang berwenang mendaftarkan para eksportir tujuan Uni Eropa menggunakan skema GSP,” kata Wisnu. Penyederhanaanini diharapkan dapat mendukung tercapainya peningkatan kinerja ekspor Indonesia di tengah tantangan world,” terang Wisnu. Salah satu hambatan yang sering ditemui Mila adalah ketika pelaku usaha tidak mau mengikuti arahan dari tenaga ahli yang mendampingi. Ada saja yang enggan ketika diminta memperbaiki soal ini itu dan memilih mundur karena menilai urusan sertifikasi ini terlalu merepotkan.

Direktur Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Kementerian Kehutanan Dwi Sudharto mengemukakan, uji coba penerapan sertifikasi verifikasi legalitas kayu dilaksanakan mulai tahun ini. Sejumlah negara tujuan ekspor kayu mengakui upaya Indonesia menerapkan sertifikasi verifikasi legalitas kayu. Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag Olvy Andrianita mengutarakan, di dalam konteks perdagangan maka sertifikasi halal sangat penting diadakan terutama dalam upaya meningkatkan daya saing produk ekspor nasional.

Melalui acara ini, Wapres berharap dapat mendorong semangat generasi muda untuk turut serta menumbuhkan ekonomi nasional melalui ekspor. Dalam kesempatan tersebut, Menperin juga memimpin pelepasan ekspor produk kerupuk dengan tujuan ke Nagoya, Jepang dari IKM CV Sariraya yang merupakan tenant HIPS. Ia menyampaikan, akselerasi pembangunan KIH di Indonesia dapat merealisasikan potensi pengembangan industri halal yang cukup besar.

Leave a Reply